1. Pembelajaran Berdiferensiasi
Pembelajaran berdiferensiasi adalah serangkaian keputusan masuk akal (common sense)
yang dibuat oleh guru yang berorientasi kepada kebutuhan murid. Pembelajaran
berdiferensiasi haruslah berakar pada pemenuhan kebutuhan belajar murid dan bagaimana
guru merespon kebutuhan belajar tersebut.
2. Mengidentifikasi
atau Memetakan Kebutuhan Belajar Murid
1) Kesiapan
belajar (readiness) murid
2) Minat
murid
3) Profil
belajar murid
Sebagai guru, kita mengetahui bahwa murid akan menunjukkan
kinerja yang lebih baik jika tugas-tugas yang diberikan sesuai dengan
keterampilan dan pemahaman yang mereka miliki sebelumnya (kesiapan belajar). Tugas-tugas
tersebut memicu keingintahuan atau hasrat dalam diri murid (minat), dan jika
tugas itu memberikan kesempatan bagi mereka untuk bekerja dengan cara yang
mereka sukai (profil belajar).
Ciri-ciri pembelajaran berdiferensiasi :
1. Tujuan
pembelajaran yang didefinisikan secara jelas.
2. Guru
menanggapi kebutuhan belajar murid.
3. Menciptakan lingkungan belajar yang mengundang
murid untuk belajar,
4. Managemen
kelas yang efektif.
5. Guru
menggunakan penilaian formatif untuk menentukan pemetaan kebutuhan murid.
Pembelajaran berdiferensiasi dapat memenuhi kebutuhan murid
karena pembelajaran dirancang sesuai dengan kesiapan, minat dan profil belajar
murid. Murid akan merasa senang dalam kegiatan pembelajaran di kelas karena
sesuai dengan minat dan kesukaan mereka.
Pembelajaran diferensiasi juga dapat membantu mencapai hasil belajar yang optimal karena murid yang terpenuhi kebutuhan belajarnya dapat menyerap materi pembelajaran dengan sangat baik dan mereka akan menampilkan hasil belajar yang sesuai dengan minat sehingga hasil belajar akan maksimal.
Kaitan Pembelajaran
Berdiferensiasi dengan modul lainnya adalah bahwa implementasi pembelajaran
berdiferensiasi akan memberikan kemudahan bagi guru untuk mempersiapkan peserta
didik dalam menghadapi tantangan dan perubahan zaman yang selalu berubah karena
guru mendidik harus sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman anak sesuai
dengan modul 1.1 yaitu Refleksi Filosofi Pendidikan Indonesia Ki Hadjar Dewantara.
0 comments:
Posting Komentar