Durasi: 1 JP
Moda: Mandiri
Pertanyaan pemantik pada kegiatan ini adalah:
- Apa yang telah saya ketahui tentang pembelajaran berdiferensiasi?
- Apa yang ingin saya ketahui
lebih lanjut tentang pembelajaran berdiferensiasi?
Selamat
datang Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak di Sesi Pembelajaran yang
Pertama!
Dalam sesi
ini, Anda akan mengaktivasi pengetahuan yang telah Anda miliki terkait dengan
pembelajaran berdiferensiasi dan mengidentifikasi apa saja yang ingin Anda
ketahui lebih lanjut.
Pada
kegiatan ini, Bapak/Ibu akan kami minta untuk:
- menjawab beberapa pertanyaan yang terkait dengan pembelajaran
berdiferensiasi.
- menonton sebuah video yang
berjudul Sekolah Hewan dan memberikan pendapat tentang video
tersebut.
- menuliskan
pertanyaan-pertanyaan yang saat ini Anda miliki terkait dengan
pembelajaran berdiferensiasi.
Jangan
khawatir apabila Anda merasa belum banyak mengetahui jawaban atas
pertanyaan-pertanyaan yang diberikan, karena pertanyaan-pertanyaan tersebut
bersifat diagnostik dan bukan dimaksudkan untuk membuat penilaian akhir
terhadap Anda.
Penting
sekali untuk menyelesaikan tugas ini tepat waktu agar instruktur atau
fasilitator pelatihan ini dapat menyesuaikan konten ajar mereka dengan tepat,
sesuai dengan kebutuhan Anda.
Selamat
berefleksi, Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak!
Mulai dari Diri
Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait Pembelajaran
Berdiferensiasi yang tersedia di platform pembelajaran
Daring yang disiapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Pertanyaan reflektif terkait Pembelajaran Berdiferensiasi:
Ceritakan pengalaman Anda yang paling berkesan pada saat Anda melakukan proses pembelajaran di dalam kelas dengan murid yang beragam!
Pengalaman belajar di kelas yang
sangat berkesan dengan murid yang sangat beragam adalah ketika saya mengajar
pelajaran Matematika. Sebagian murid dapat memahami dari video pembelajaran
yang saya putar melalui proyektor, yang di dalamnya terdapat gambar dan suara.
Tetapi beberapa murid ada yang kurang paham meskipun video pembelajaran saya
putar berulang-ulang dengan tambahan saya skip dan saya tambahkan penjelasan.
Tapi saya tidak putus asa, usai belajar melalui audiovisual, saya dan anak-anak
melakukan praktik terkait materi pembelajaran Matematika tersebut. Dengan
cara belajar melalui video, audio, dan praktik, alhamdulillah beberapa anak
yang kurang paham tadi mulai memahami meskipun harus tetap saya tambahkan
penjelasan.
Apa yang telah Anda ketahui tentang
pembelajaran berdiferensiasi?
Pembelajaran berdiferensiasi adalah usaha menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu, karena setiap individu mempunyai profil belajar yang berbeda.
Setelah menyaksikan video di atas,
menurut Anda bagaimana seharusnya pembelajaran itu dirancang, dilaksanakan, dan
dievaluasi? (terutama untuk memenuhi kebutuhan belajar murid).
Menurut saya pembelajaran harus
dirancang, dilaksanakan, dan dievaluasi dengan menerapkan pembelajaran
berdiferensiasi (baik diferensiasi produk, konten, maupun proses) karena
setiap individu memiliki profil belajar yang berbeda.
Apa yang ingin Anda ketahui lebih
lanjut tentang pembelajaran berdiferensiasi?
Saya sangat tertarik mengetahui lebih
lanjut pembelajaran berdiferensiasi, bagaimana cara merancang diferensiasi
produk, konten, dan proses serta penerapan yang benar pembelajaran
berdiferensiasi di kelas.
0 comments:
Posting Komentar