Rabu, 23 Maret 2022

2.3.a.3. Mulai dari Diri - Seberapa Jauh Saya Memahami Konsep Coaching di Sekolah?

Seberapa Jauh Saya Memahami Konsep Coaching di Sekolah?

Tujuan Pembelajaran Khusus:  

Peserta mampu mengidentifikasi pengetahuan dan pengalaman yang menggambarkan peran mereka sebagai pendidik dalam berbagai situasi dan mengidentifikasi keterampilan berkomunikasi coaching di dunia pendidikan.

Bapak/Ibu Guru,

Sebagai seorang guru tentunya Anda sering menjumpai banyak kasus atau tantangan yang terkait dengan potensi para murid. Kasus dan tantangan tersebut sering menjadi penghambat kemajuan murid dalam mencapai tujuan pembelajaran dan pendidikan seutuhnya di sekolah. Oleh karena itu, respon cepat dari Anda sebagai pendidik sangat diperlukan. Mari kita mulai modul coaching ini dengan mengirimkan tanggapan dari kasus-kasus atau situasi yang mungkin terjadi di sekolah. 

Anda menemui seorang murid berprestasi yang mengeluhkan tentang susah konsentrasi dan penurunan motivasi belajar yang mengakibatkan ketidakpuasan orangtuanya. Apa yang menjadi respon Anda terhadap situasi yang disampaikan

  • Baik. Menanggapi permasalahan tersebut, yang akan saya lakukan pertama adalah menggali informasi yaitu dengan mengajak murid tersebut duduk berdua, lalu bertanya terlebih dahulu mengenai alasan mengapa murid tersebut sulit berkonsentrasi serta tidak mempunyai motivasi belajar. Bila kita sudah mengetahui alasannya, maka kita coba mencari solusi bersama murid agar motivasi belajar dan susah berkonsentrasi bisa teratasi. Selain itu, saya akan bekerja sama dengan orang tua/bertemu dan berbicara langsung dengan orang tua terkait penyebab susahnya konsentrasi dan penurunan motivasi belajar murid serta siap menerima masukan orang tua demi membangkitkan semangat dan konsentrasi belajar. Juga mengingatkan orang tua bahwa motivasi orang tua sangat penting untuk menyemangati anak serta memberikan wawasan kepada siswa dengan memberikan gambaran- gambaran kesuksesan orang-orang yang lebih dahulu sukses agar dapat menjadi pelecut semangat belajar dan berusaha untuk melatih konsentrasi. Saya juga akan merefleksi diri terhadap kekurangan dan kelebihan saya, khususnya dalam pembelajaran dan memotivasi siswa.

Seorang murid bertemu dengan Anda di taman sekolah dan menceritakan bahwa ia diminta oleh teman-temannya untuk menjadi ketua panitia acara pertandingan olahraga di SMP Penggerak. Terlihat murid tersebut ragu dan tidak berminat. Bagaimana Anda memberikan respon sebagai seorang guru yang mengetahui bahwa murid tersebut memiliki potensi sebagai seorang pemimpin?

  • Baik, menanggapi permasalahan tersebut, hal pertama yang akan saya lakukan adalah mengajak duduk berdua dengan murid. Selanjutnya saya akan menanyakan dahulu alasan mengapa murid tersebut ragu dan tidak berminat menjadi ketua panitia pertandingan olahraga di SMP Penggerak. Setelah murid selesai menyampaikan keluh-kesah dan alasannya, saya akan membantu mencari solusi bersama murid dalam mengatasi alasan-alasan/keluhan tersebut. Selanjutnya, saya akan memberikan motivasi dengan melihat diri murid terkait potensi pemimpin yang dimiliki. Saya memberikan waktu murid untuk berpikir dan mempertimbangkan secara positif terhadap masukan saya dan potensi besar seorang pemimpin yang dimilikinya. Setelah itu, saya meminta murid tersebut mengambil keputusan dengan jujur dan menyampaikan bahwa keputusan yang diambil adalah tanpa paksaan.

4.  Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada diri Anda sebagai seorang pendidik setelah mempelajari modul ini?

  • Harapan saya setelah mempelajari modul ini adalah saya mampu menguasai dan menerapkan capaian pembelajaran umum dan capaian pembelajaran khusus dari modul Coaching sehingga saya mempu memerankan sebagai coach bagi siswa,  agar anak didik menjadi lebih terarah dan dapat menemukan solusinya secara mandiri yang pada akhirnya dapat meningkatkan potensi mereka.

5.     Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada murid-murid Anda setelah mempelajari modul ini?

  • Harapan saya pada murid-murid setelah mempelajari modul Coaching ini adalah murid-murid bisa menjadi mandiri dalam menyelesaikan masalah, mempunyai sikap dan pemikiran dewasa dalam memecahkan permasalahan, terbuka serta mampu berdiskusi dengan guru ketika menemui permasalahan, dapat mencapai prestasi yang tinggi sesuai dengan minat dan bakatnya. Selain itu, tertanam merdeka, tidak ada lagi paksaan dalam belajar.

6.      Apa saja kegiatan, materi, manfaat yang Anda harapkan ada dalam modul ini?

  • Kegiatan yang saya harapan ada di modul ini adalah adanya kegiatan berbagi pengalaman/sharing antar CGP dalam pelaksanaan Coaching di kelas, saling memberikan masukan, kritik, dan saran yang bersifat membangun.

Materi yang ingin saya dapatkan pada modul ini adalah materi yang berhubungan dengan praktik nyata coaching di kelas maupun di sekolah.

  • Kegiatan yang saya harapan ada di modul ini adalah adanya kegiatan berbagi pengalaman/sharing antar CGP dalam pelaksanaan Coaching di kelas, saling memberikan masukan, kritik, dan saran yang bersifat membangun.
  • Materi yang ingin saya dapatkan pada modul ini adalah materi yang berhubungan dengan praktik nyata coaching di kelas maupun di sekolah.
  • Manfaat yang saya peroleh dari modul ini adalah bahwa memerankan diri sebagai coach bagi murid sangat penting agar mereka menjadi lebih merdeka, baik merdeka dalam belajar maupun merdeka dalam menentukan arah hidupnya di masa mendatang.



0 comments:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

JUARA 2 LOMBA ESTAFET BOLA PUTRI

 JUARA 2 LOMBA ESTAFET BOLA PUTRI